Jumat, 16 Februari 2018

SOAL TEKS PROSEDUR

1.    Cermatilah kutipan teks prosedur “Cara menyajikan White Coffee” berikut.
Di Indonesia, komunitas pecinta kopi semakin hari semakin bertambah pesat. Tak jarang bermunculan kedai kopi yang menyajikan rasa kopi yang begitu nikmat. Tentu saja untuk menikmati kopi berkualitas tersebut tidak bisa dengan harga yang murah. Walaupun begitu, tidak usah kecewa. Kini kopi dalam kemasan telah banyak beredar dengan rasa yang tak kalah nikmat, White Coffee contohnya. Untuk mendapatkan cita rasa seduhan yang nikmat, kita harus menyajikan dengan tepat pula.
Struktur teks prosedur tersebut adalah…
A.   Tujuan
B.   Bahan-bahan dan alat
C.   Langkah-langkah
D.   Penutup

2.   Cermatilah kutipan teks prosedur dan teks laporan berikut.
Teks prosedur
Cara membuat nasi goreng
1.   Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu panaskan api.
2.   Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga matang.
3.   Masukkan telur dan orak-arik hingga matang.
4.   Masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan.
5.   Tambahkan saus tomat, garam, dan merica hingga semua tercampur rata.
6.   Jika telah tercium bau harum, angkat nasi dan sajikan di atas piring.

Teks laporan
Kebersihan lingkungan merupakan aspek yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidah mudah terserang berbagai penyakit. Kondisi kebersihan lingkungan di Perumahan Cendana sangat baik. Selokan terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat. Tempat pembuangan sampah pun sudah ada di tiap depan rumah warga.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah…

Teks prosedur
Teks laporan
A.
Adanya konjungsi
Menggunakan pola kalimat perintah
B.
Kalimat kompleks
Menggunakan kata keterangan
C.
Menggunakan pola kalimat perintah
Adanya frasa/kelompok kata
D.
Kalimat simpleks
Menggunkan istilah



3.   Cermatilah kutipan teks ulasan dan teks eksposisi berikut.
Teks ulasan
Novel 5 cm bercerita tentang persahabatan antara Arial, Riani, Ian, Zafran, dan Genta. Di novel ini juga disajikan masalah-masalah yang biasa terjadi dalam sebuah persahabatan. Namun, masalah-masalah tersebut dapat diselesaikan secara baik.
Novel karya Dhonny Dhirgantoro ini mempunyai ciri khas tersendiri. Di novel ini banyak terdapat lirik-lirik lagu yang digunakan penulis untuk penekanan dari situasi yang digambarkan.

Teks prosedur
Cara membuat nasi goreng
1.   Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu panaskan api.
2.   Masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga matang.
3.   Masukkan telur dan orak-arik hingga matang.
4.   Masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan.
5.   Tambahkan saus tomat, garam, dan merica hingga semua tercampur rata.
6.   Jika telah tercium bau harum, angkat nasi dan sajikan di atas piring.

Perbedaan struktur teks ulasan dan teks prosedur adalah…

Teks ulasan
Teks prosedur
A.
Orientasi
Tujuan
B.
Rangkuman
Langkah-langkah
C.
Tafsiran
Langkah-langkah
D.
Tafsiran
Tujuan

4.      Cermatilah kutipan teks prosedur berikut ini.
1.      Cermatilah cerpen tersebut secara seksama.
2.      Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat)
3.      Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
4.      Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.
Ciri kebahasaan yang menonjol pada teks prosedur tersebut adalah ….
A.     terdapat kata bilangan
B.     terdapat kalimat perintah
C.      terdapat konjungsi
D.     terdapat kalimat kompleks

5.     Teks Prosedur
Cermatilah teks berikut dengan seksama.
Setelah membaca sebuah cerpen yang dibagikan oleh guru di kelas, biasanya Anda diminta menceritakan kembali isi cerpen secara lisan dengan menggunakan kalimat/kata-kata Anda sendiri. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:
1.      Cermatilah cerpen tersebut secara seksama.
2.      Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat)
3.      Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
4.      Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.
Simpulan isi teks tersebut adalah…
A.     Dengan melakukan empat langkah itu maka kita bisa memahami isi cerpen.
B.     Menceritakan kembali cerpen yang telah dibaca tidak sulit.
C.      Keempat langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup sistematis.
D.     Langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup praktis.

6.      Cermatilah prosedurn membuat pancake berikut.
(1)  Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur, dan susu menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah.
(2)  …..
(3)  Masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata.
(4)  ….
(5)  Balik adonan jika adonan sudah berpori dan sedikit mengeras pinggirnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur tersebut adalah ….
A.     (2) Kocok putih telur sampai kaku.
(4) Panaskan teflon lalu tuang adonan, tutup sebentar.
B.     (2) Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
(4) Panaskan teflon lalu tuang adonan, tutup sebentar.
C.      (2) Kocok putih telur sampai kaku.
(4) Goreng adonan hingga kecokelatan.
D.     (2) Kocok telur sampai kaku.
(4) Tuangkan adonan ke loyang, lalu panggang.

7.      Cermatilah petunjuk pembuatan cincau lidah buaya berikut.
(1)  Siapkan irisan daing daun lidah buaya yang telah dicuci bersih secukupnya.
(2)  Masukkan irisan daging daun lidah buaya dalam santan.
(3)  Siapkan air santan kelapa diberi gula aren secukupnya dalam panci.
(4)  Tuanglah hasil rebusan dalam mangkuk atau gelas.
(5)  Rebuslah daging lidah buaya dan santan tersebut sampai mendidih.
(6)  Cincau daging daun lidah buaya siap disajikan.

Urutan petunjuk pembuatan cincau lidah buaya agar menjadi teks prosedur yang tepat adalah …. 
A.     (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)
B.     (1)-(3)-(2)-(4)-(5)-(6)
C.      (1)-(3)-(2)-(5)-(4)-(6)
D.     (1)-(3)-(2)-(6)-(4)-(5)

8.      Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!
(1)  Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)  Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan kemudian dibiarkan menggenangi petakan hingga tanah cukup basah.
(3)  Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4)  Pengairan harus dilakukan secara rutin 3—5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)  Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Urutan kalimat teks prosedur yang tepat adalah ….
A.     (1), (3), (2), (5), (4)
B.     (3), (1), (5), (2), (4)
C.      (4), (5), (1), (2), (3)
D.     (4), (1), (2), (5), (3)

9.      Bacalah teks berikut!
Tugas Sekolah
Suatu sore, Budi dan Iwan akan mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru seni rupa. Tugas mereka adalah membuat patung dari bahan gips.
“Bud, kita mulai saya membuat patung dari gips ini!” ajak Iwan kepada Budi. “Oke, Wan,” Budi mengiyakan. “Apa yang harus kita lakukan, Wan?” tanya Budi. Iwan pun menjelaskan, “Menurut catatan, pertama, kita ambil gips secukupnya. Kemudian gips itu kita campur dengan air dan aduk sampai rata. Setelah rata, kita masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan.”
“Nah, cetakan sudah terisi adukan. Apalagi, Wan?” tanya Budi. “Selanjutnya, jemur adukan di cetakan itu di panas matahari sampai keras,” Iwan kembali menjelaskan. “Oke, Wan,” ujar Budi sambil menjemur adukan ke tempat yang panas
Setelah beberapa jam, adukan di cetakan itu pun keras. “Sudah keras, nih, Wan. Apalagi?” tanya Budi. “Angkat gips dari cetakan! Pelan-pelan, ya, Bud!” pesan Iwan. “Sudah, nih, Wan. Terus?” tanya Budi lagi. “Terakhir, kita dapat menghias patung gips ini sesuai selera.”
Teks prosedur yang tepat berdasarkan teks cerpen tersebut adalah ….
A.     Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)     Ambillah gips secukupnya!
2)     Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3)     Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4)     Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5)     Setelah keras, angkat gips dari cetakan!
6)     Hiaslah sesuai selera!

B.     Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)     Baca catatan petunjuk pembuatan!
2)     Ambillah gips secukupnya!
3)     Campur gips dengan air dan aduk sampai rata
4)     Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
5)     Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
6)     Setelah keras, angkat gips dari cetakan dan hiaslah sesuai selera!

C.      Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)     Ambillah gips secukupnya!
2)     Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3)     Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4)     Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5)     Amati adukan itu selama beberapa jam!
6)     Setelah keras, angkat gips dari cetakan!
7)     Hiaslah sesuai selera!

D.     Langkah-langkah membuat patung dari gips
1)     Ambillah gips secukupnya!
2)     Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3)     Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4)     Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5)     Setelah keras, angkat gips dari cetakan!
6)     Hati-hati jangan sampai adukan pecah!
7)     Hiaslah sesuai selera!

10.  Perhatikan kalimat berikut!
(1) Kemarin siang telah (2) terjadi tabrakan beruntun (3) di mana melibatka lima kendaraan dan (4) mengakibatkan dua orang penumpang luka berat.
Penggunaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut ditandai nomor…
A.     (1)
B.     (2)
C.      (3)
D.     (4)

11.  Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)  Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat.
(2)  Hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh daerah.
(3)  Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan.
(4)  Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim sekali dalam waktu lama.

Kalimat tersebut yang tidak efektif ditandai dengan nomor…
A.     (1)
B.     (2)
C.      (3)
D.     (4)

12.  Bacalah teks berikut!
(1) Nilai sosial dalam novel karya Andrea Hirata ini sangat menonjol. (2) Dinas Sosial salah satu tugasnya membantu orang yang kesusahan atau tertimpa musibah. (3) Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang begitu tinggi antara tokoh Ikal, Arai, dan Jimbron. (4) Masing-masing saling mendukung dan membantu antara satu dengan yang lain dalam mewujudkan impian-impian mereka sekalipun hampir mencapai batas kemustahilan.
Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor…
A.     (1)
B.     (2)
C.      (3)
D.     (4)

13.  Perhatikan kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam penglihatan diakibatkan oleh kelainan/kerusakan pada organ penglihatan dinamakan […]
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A.     Tunanetra
B.     Tunadaksa
C.      Tunagrahita
D.     Tunawicara

14.  Cermati kalimat berikut!
Namun, seiring dengan perjuangan dan kerja keras tanpa henti, Andrea mampu meraih sukses sebagai […] memoar kisah masa kecilnya ygn penuh dengan keperihatinan.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A.     Penulis
B.     Pembuat
C.      Penyusun
D.     Pengarang

15.  Cermati kalimat berikut!
Buku ini menceritakan kehidupannya […] sejak ia kecil hingga dewasa.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A.     Perhari-hari
B.     Sehari-hari
C.      Sehari-sehari
D.     Tiap hari-hari

16.  Cermatilah ilustrasi berikut!
Hiu dengan buasnya melahap ikan-ikan yang besar lalu lumba-lumba hanya memakan ikan-ikan kecil yang berada di dekatnya.
Perbaikan kata yang ditulis miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah…
A.     Daripada
B.     Walaupun
C.      Kemudian
D.     Sedangkan

17.  Perhatikan kalimat berikut!
Terlepas dari beberapa kekurangan-kekurangan yang ada, buku ini layak digunakan untuk mengajari semua anak-anak tentang konsep matematika secara sangat menyenangkan sekali.
Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata…
A.     Beberapa, kekurangan, dan anak
B.     Beberapa, kekurangan, dan sekali
C.      Kekurangan, semua, dan sekali
D.     Kekurangan, anak, dan konsep

18.  Bacalah teks berikut!
(1) Lingkungan hidup harus kita jaga kelestariannya sampai dunia ini berakhir. (2) Kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua orang, tanpa terkecuali. (3) Oleh sebab itu, setiap orang wajib menjaga kelestarian lingkungan. (4) Dinas Kehutanan bertugas menjaga kelestarian hutan. (5) Jangan sampai lingkungan kita hancur karena ulah kita sendiri.
Perbaikan paragraf tersebut supaya menjadi padu adalah menghilangkan kalimat nomor…
A.     (2)
B.     (3)
C.      (4)
D.     (5)

19.  Bacalah ilustrasi berikut!
Pada tahun 1980, Bung Hatta meninggal dunia dan di makamkan di Tanah Kusir, Jakarta.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah…
A.     penulisan di digabung karena di sebagai awalan
B.     penulisan di dipisah karena di sebagai kata depan
C.      di makamkan diganti dengan di kebumikan
D.     di makamkan diganti dengan di semayamkan

20.  Perhatikan kalimat berikut!
Sejak dari masa kecil Habibie sudah sangat senang sekali membaca banyak buku-buku.
Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah karena berlebihan menggunakan kata …
A.     dari, masa, sudah, dan sekali
B.     dari, masa, sekali, dan banyak
C.      sudah, sangat, senang, dan buku

D.     sejak, sudah, banyak, dan buku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RINGKASAN MATERI TEKS BERITA

A.       Menentukan Unsur-Unsur Berita Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan...