1.
Perhatikan data buku berikut!
Judul Buku :
Mawar Cintaku
Penulis : Adiffa
Penerbit : PT Angkasa
Tahun : 2009
Keunggulan:
1.
Isi buku menarik
2.
Bahasa
komunikatif
Kelemahan : Ilustrasi gambar kurang
Teks ulasan yang tepat berdasarkan ilustrasi data buku tersebut adalah ...
A.
Buku ini isinya
sangat menarik. Selain
itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kertas yang digunakan terlalu tipis.
B.
Buku ini isinya
sangat menarik dan bahasanya komunikatif. Selain itu, dilengkapi
dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
C.
Cover buku sangat menarik. Selain itu bahasanya komunikatif. Hanya sayang, kurang
dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang dapat menunjang isi buku.
D.
Buku ini isinya sangat menarik.
Selain itu bahasanya
komunikatif. Hanya sayang, kurang dilengkapi dengan ilustrasi
gambar yang dapat menunjang isi buku.
2.
Perhatikan
data buku berikut!
Judul : Jangan Mau Jadi
Pembolos
Penulis : Edi Warsidi
Penerbit : CV Alibaba, Manokwari
Tahun : 2010
Keunggulan : Penampilannya lugas dan gaya
bahasanya sehari-hari
Kelemahan : Sampul buku kurang sesuai
Teks ulasan yang tepat
berdasarkan data buku tersebut adalah …
A.
Buku Jangan
Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari,
tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang
lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku
kurang sesuai.
B.
Buku karya
Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup
berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya
yang sehari-hari menambah daya tarik. Sampul buku pun sesuai.
C.
Buku karya
Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup
berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya
yang sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan
membuat pembaca jenuh.
D.
Buku Jangan
Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari,
tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang
lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku
kurang sesuai.
3.
Bacalah teks
berikut!
(1)
Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan autobiografi pengarangnya, yaitu
N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai menjadi penjaja koran hingga
menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan dengan jelas dalam autobiografi
ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan disajikan secara mengalir dan
diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan lucu. Bahasa yang digunakan pun
mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap buku ini tertuju pada label
yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini tertulis “Sebuah Novel”, padahal
pada bagian pendahuluan disebutkan autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan
mendorong pembaca untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu
kesulitan dan tantangan menghadang.
Pernyataan
berupa keunggulan buku terdapat pada bagian ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
4.
Perhatikan
teks berikut!
Buku
kumpulan puisi berjudul Rumah Penuh Bunga: Kumpulan Puisi untuk Siswa SMP/MTs
merupakan jawaban atas kelangkaan antologi puisi untuk anak SMP. […] Buku
kumpulan puisi ini akan membuat pembaca akrab dengan puisi. Sayang kualitas
cetakan kurang bagus karena hanya memakai kertas buram.
Kalimat
berisi keunggulan buku untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A.
Bahasanya
mudah dipahami.
B.
Cerita
menggunakan alur maju.
C.
Banyak kata
serapan dari bahasa asing.
D.
Tema yang
diangkat seputar kehidupan pesantren.
5.
Cermatilah
teks berikut
Dalam
rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan
hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat
ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film
tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Meraka
gigih meraat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.
Ide
pokok teks ulasan tersebut adalah ….
A.
Pemutaran film
dalam rangka memperingati Hari Bumi
B.
Film yang
mengupas proses pelestarian lingkungan
C.
Film yang
menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi
D.
Cara
melestarikan lingkungan yang baik
6.
Simpulan isi
teks ulasan tersebut adalah ….
A.
Film-film
asing yang diputar dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia
B.
Sederet film
asing berbicara tentang lingkungan hidup
C.
Film-film
dalam peringatan Hari Bumi Sedunia mengupas kondisi dan pelestari bumi
D.
Para pecinta
bumi gigih merawat lingkungan masing-masing
7.
Cermatilah
kutipan ulasan berikut.
Oleh karena itu, film Laskar
Pelangi layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa.
Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk
ditonton kapan pun berulang-ulang. Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur
karena tidak ada satu pun adegan kekerasan atau sensual. Diharapkan di waktu
mendatang, semakin banyak produsen film Indonesia yang termotivasi untuk
membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan melebihi Laskar Pelangi.
Kutipan
ulasan film tersebut merupakan bagian ….
A.
identitas
B.
sinopsis
C.
kelemahan
dan keunggulan
D.
analisis
Cermatilah
teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 8 dan 9!
Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah
arsip atau karya film Indonesia di masa lampau, dalam hal ini karya Usmar
Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingya
sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa
menyaksikan sebuah karya film-film produksi terdahulu dalam bentuk yang utuh. Hal
ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di masa
lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik
Indonesia tersebut, tidak bisa disaksikan dalam kondisi utuh seperti kondisi
awal ketika di produksi. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah perihal film
dalam bentuk (form) asalnya sangat
dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan
perawatan yang tidak memadai.
8.
Ide pokok
teks ulasan tersebut adalah…
A.
Pentingnya
sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa
menyaksikan sebuah karya.
B.
Sebuah arsip
atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam bentuk format yang telah
direstorasi.
C.
Sungguh
suatu kebahagiaan tersendiri, sebuat arsip atau karya film Indonesia di masa
lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail.
D.
Setidaknya
pengertian utuh di sini adalah perihal film dalam bentu (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material.
9.
Simpulan isi teks
ulasan tersebut adalah…
A.
Sebuah arsip
atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang telah
direstorasi adalah hal yang sangat penting.
B.
Perihal film
dalam bentuk (form) asalnya sangat dipengaruhi oleh material film yang
mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.
C.
Beberapa
arsi film Indonesia yang diproduksi di masa lampau tidak mengalami perawatan
yang memadai.
D.
Sebuah karya
film yang direstorasi itu sendiri adalah bagaimana kita bisa menyaksikan sebuah
karya film yang utuh.
10. Cermatilah kutipan teks ulasan berikut dengan
seksama.
Meskipun
disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar
Pelangi, buku in nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Sang Pemimpi hanya menyebutkan kata Laskar Pelangi sekali. Keponakan yang Ikal biayai saat di Jawa juga
tidak disebut sama sekali dalam buku ini, padahal di novel sebelumnya telah
diceritakan dengan jelas.
Kutipan
resensi film tersebut merupakan bagian…
A.
identitas
B.
sinopsis
C.
keunggulan
dan kelemahan
D.
analisis
11.
Berikut ini merupakan tujuan dibuatnya teks ulasan, kecuali ....
A. menambah pengetahuan
B. memunculkan sifat apresiatif
C. mencari kelemahan suatu karya
D. memperkuat daya kritik
12.
Perhatikan kalimat berikut!
Di dalam
novel Dylan dijelaskan bahwa
Milea jatuh cinta pada Dylan karena sifatnya yang romantis dan unik.
Unsur
kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....
A. konjungsi penyebab
B. konjungsi penerang
C. konjungsi temporal
D. kalimat saran
13.
Perhatikan kalimat berikut!
Milea dan
Dylan sama-sama memiliki perasaan yang kuat. Mereka harus berpisah karena
keadaan yang tidak memungkinkan mereka untuk bersama.
Unsur
kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....
A. konjungsi penyebab
B. konjungsi penerang
C. konjungsi temporal
D. kalimat saran
14.
Perhatikan kalimat berikut!
Novel ini
sangat cocok dibaca oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak
pelajaran-pelajaran yang bisa diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para
remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan.
Unsur
kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....
A. konjungsi penyebab
B. konjungsi penerang
C. konjungsi temporal
D. kalimat saran
15.
Perhatikan kalimat berikut!
Sejak kejadian di
malam itu, Dini tidak mau keluar kamar. Dia masih sangat takut dengan kegelapan
dan kesunyian malam.
Unsur
kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah ....
A. konjungsi penyebab
B. konjungsi penerang
C. konjungsi temporal
D. kalimat saran
16.
Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Cermatilah
kutipan teks ulasan berikut.
Di Balik ’98
adalah sebuah film produksi MNC Pictures yang bercerita tentang peristiwa
kerusuhan 1998. Rakyat Indonesia tentu tahu mengenai peristiwa Mei 1998. Ya,
waktu itu adalah waktu yang genting bagi takhta kepresidenan Soeharto dan Orde
Baru. Akan tetapi, Di Balik ’98, dibalik panasnya situasi politik, ada
cerita-cerita yang bisa dipetik nilai kemanusiaannya.
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah…
A.
Di Balik ’98
adalah film tentang peristiwa kerusuhan tahun 1998.
B.
Ada
nilai-nilai kemanusiaan yang bisa dipetik dari film Di Balik ’98.
C.
Rakyat
Indonesia tentu tahu mengenai peristiwa yang terjadi Mei tahun 1998.
D.
Mei 1998
adalah waktu yang genting bagi takhta presiden Soeharto dan Orde Baru.
17.
Perhatikan kutipan teks ulasan berikut!
Hijrah Cinta adalah sebuah film produksi MVP Pictures yang bercerita tentang
kisah hidup Uje. Mulai menjalani kehidupan gelap hingga berpulang ke Ilahi
karena kecelakaan. Para pemain, Alfie Alfandy (Uje), Revalina S. Temat (Pipik),
Valentino (Gugun Gondrong), dan Wieke Widowaty (Umi Tatu) mampu berperan apik
menyajikan sebuah kisah nyata yang menjadi nyata.
Simpulan isi teks tersebut adalah…
A.
Film
kehidupan Ustaz Uje menjadi film dakwah yang menggetarkan.
B.
Masih jarang
film Indonesia yang mengangkat tentang kehidupan pendakwah.
C.
Film ini
akan menjadi alternatif film biografi yang menyentuh hati.
D.
Film tentang
Ustaz Uje ini didukung oleh para pemain jempolan.
18.
Kalimat berikut yang merupakan bagian dari teks ulasan yang mengulas novel
adalah ...
A. Cerita anak adalah suatu media
penyampaian moral yang mendidik kepada anak-anak kita. Dengan adanya cerita
anak, orang tua tidak perlu terlampau repot untuk memikirkan tentang media apa
yang dapat dipergunakan untuk memberikan nilai pendidikan kepada sang anak.
B. Buku cerita ini memiliki
pelukisan bahasa yang sangat sederhana. Meskipun demikian, penulis berhasil
mengajak pembaca masuk ke dalam cerita dengan sangat gamblang. Sehingga,
penulis dapat dinyatakan sukses memainkan bahasa.
C. Tidak banyak yang menyukai
buku-buku nonfiksi, demikian yang terungkap dalam penelitian yang digelar di
beberapa sekolah di Kota Palembang ini. Hal ini jelas membuktikan bahwa pasaran
buku fiksi jauhlebih banyak peminatnya.
D. Buku modul ini dibuat dengan
kerja sama tim untuk membantu kegiatan belajar mengajar di bimbingan belajar
Budiwijaya. Buku ini dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang lengkap untuk
membantu siswa dalam proses kegiatan KBM di sekolah masing-masing.
19.
Pernyataan berikut yang tepat dijadikan sebagai gambaran umum sebuah novel
adalah ...
A.
Buku ini menceritakan perjuangan seorang anak bernama Gita Sesa Wanda
Cantika yang menyandang penyakit rabdiomasarchoma atau sejenis kanker lunak
yang menyerang wajahnya. Buku ini mengandung amanat untuk tidak berputus asa
dalam menerima musibah termasuk penyakit.
B.
Banyak pengaruh besar dalam fungsi suatu bahasa tentang banyaknya bahasa
yang mulai masuk dan beredar dalam kehidupan bermasyarakat. Jelaslah ini
menjadi angin segar untuk pengaruh bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
C.
Buku novel ini dikelas dengan alur cerita yang beragam. Banyak terdapat
perbedaan-perbedaan dengan kemasan cerita yang ditemukan pada novel-novel pada
umumnya.
D.
Penulis novel ini adalah seorang yang sudah sangat terkenal. Ia telah
menerbitkan berbagai macam novel yang diangkat ke dalam layar kaca perfilman.
Siapa lagi kalau bukan Andrea Hirata.
20.
Berikut ini yang bukan termasuk bagian tulisan dalam teks ulasan adalah ...
A. Buku ini dikemas dengan alur
cerita yang menarik. Gaya bahasa yang dipilih penulis cenderung cukup berani
dan gamblang.
B. Buku ini saya beli sewaktu saya
liburan di Yogyakarta. Saat itu saya tidak sengaja melihat buku ini di toko
buku. Karena sampulnya menarik, lantas saya beli saja buku ini.
C. Sebagai buku dengan predikat
best seller, buku ini masih perlu banyak perevisian terutama pada bagian
editingnya karena banyak sekali kesalahan tulisan.
D. Buku Mari Berlatih Membaca
merupakan buku saku yang ditulis untuk membantu anak-anak usia 3-5 tahun dalam
berlatih membaca. Buku ini ditulis dengan beragam trik dan tips yang bisa
membantu orang tua dalam mengajari buah hatinya dalam membaca.
21.
Pernyataan berikut yang tidak tepat dipergunakan untuk mengungkapkan
kekurangan sebuah puisi dalam teks ulasan adalah ...
A.
Puisi kontemporer karangan Sutardji Calzoum Bachri memang memiliki gaya
bahasa yang sangat khas. Kredo yang diangkat berkenaan dengan mantra-mantra
sehingga cukup unik untuk dibaca.
B.
Banyak puisi-puisi modern yang tidak lagi mementingkan aturan dalam
penulisan. Namun, justru dengan terlepasnya aturan penulisan tersebut yang
menyebabkan penulis masa kini tidak mengalami keterpenjaraan dalam menulis
suatu karya.
C.
Puisi-puisi Chairil Anwar memang sarat akan makna. Namun, banuak sekali
puisi-puisinya yang terlampau bebas gaya bahasanya yang terkesan sarkasme
sehingga tidak semua puisinya dapat dikonsumsi anak-anak kecil.
D.
Puisi angkatan kemerdekaan mengungkapkan makna nasionalis dan rasa cinta
terhadap bangsa dan menentang masa penjajahan di masa lampau sehingga
puisi-puisi zaman itu dianggap sangat berani.
Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 22 s.d 27
Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini menceritakan kisah
kehidupannya di Pulau Belitong yang dililit kemiskinan.
Pada bab pertama buku ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya
(dalam novel ini digambarkan sebagai ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron
adalah tiga remaja yang nakal. Pada bab-bab berikutnya pembaca anak melihat
potongan-potongan kisah seperti berdiri sendiri.
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir
pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat
keputusasaan, dan kesedihan. Selain itu buku ini memiliki lelucon-lelucon yang
tidak biasa, cerdas, dan pasti membuat pembaca tertawa. Dari hal tersebut Anda
mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah
kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas. Meskipun disebut sebagai buku
kedua dari tetralogi Laskar Pelangi,
di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi.
Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini
benar-benar buku yang sangat dibutuhkan oleh remaja negeri ini. Selain itu,
buku ini juga mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan
kerja keras.
22.
Struktur teks ulasan tersebut adalah
….
A. orientasi – peristiwa dan masalah - reorientasi
B. orientasi – tafsiran – evaluasi - rangkuman
C. orientasi – komplikasi – resolusi - koda
D. orientasi – argumentasi – penegasan ulang
23.
Kelemahan karya sastra di atas menurut
teks ulasan tersebut adalah …
A. karya ini mengisahkan beberapa anak yang dianggap nakal.
B. karya ini dilatari di daerah terpencil.
C. novel ini nyaris tidak ada hubungannya dengan novel sebelumnya.
D. dalam novel ini terdapat lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan
membuat kita tertawa.
24.
Keunggulan karya sastra di atas
menurut teks ulasan tersebut adalah …
A.
karya ini mengisahkan beberapa anak
yang dianggap nakal.
B.
karya ini dilatari di daerah
terpencil.
C.
novel ini nyaris tidak ada hubungannya
dengan novel sebelumnya.
D.
dalam novel ini terdapat lelucon yang
tidak biasa, cerdas, dan membuat kita tertawa.
25.
Arti berdiri sendiri pada teks tersebut adalah ….
A.
tegak dan kokoh
B.
tidak terkait satu sama lain
C.
terpisah satu sama lain
D.
saling berhubungan
26.
Pesan moral novel menurut teks ulasan
tersebut adalah …
A.
Novel ini benar-benar dibutuhkan oleh
remaja negeri ini.
B.
Novel ini mengajarkan ketidakmungkinan
yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.
C.
Novel ini memiliki lelucon yang unik
dan cerdas.
D.
Novel ini nyaris tidak berkaitan
dengan novel sebelumnya.
27. Unsur kebahasaan yang tidak terdapat dalam teks ulasan tersebut
adalah ….
A.
kata sifat C. kata benda dan kata kerja
B.
metafora D. modalitas
28.
Perhatikan kalimat berikut!
Novel yang disajikan dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir
pembaca sehingga pembaca bisa ikut merasakan kebahagiaan, semangat
keputusasaan, dan kesedihan.
Maksud kalimat tersebut adalah ….
A. novel tersebut terdapat banyak gaya bahasa dan mampu memengaruhi
pembaca secara emosi mengikuti isi novel
B. novel tersebut bahasanya indah dan terdapat kata-kata yang
mengandung sihir yang dapat membuat mereka menangis dan bahagia
C. novel tersebut bahasanya berbelit-belit karena penuh dengan majas
yang digunakan oleh pengarang
D. novel tersebut mengandung kalimat-kalimat yang dapat menguras air
mata para pembaca.
Perhatikan kutipan teks ulasan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 29
dan 30!
Dari sanalah dimulai cerita mereka, yaitu mulai
dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan
mereka yang luar biasa, yaitu A Kiong yang malah cengar-cengir ketika
ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh
Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian
ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai
pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya
ke sekolah mewarnai cerita itu.
29.
Watak tokoh yang pantang menyerah pada
kutipan cerita tersebut adalah ….
A.
Mahar C. Lintang
B.
A Kiong D. Ikal
30.
Watak
tokoh-tokoh tersebut digambarkan secara ….
A.
langsung
B.
tidak langsung melalui dialog
C.
tidak langsung melalui perbuatan
D.
tidak langsung melalui ucapan tokoh lain
jwbny mn kak?
BalasHapus